Beranda » Blog » Cara Mudah Merawat Sepatu Olahraga Anda Agar Tetap Awet

Cara Mudah Merawat Sepatu Olahraga Anda Agar Tetap Awet

Diposting pada 1 December 2022 oleh tokobb / Dilihat: 334 kali

Merawat Sepatu. Sepatu olahraga seringkali ditawarkan dengan harga mahal karena terbuat dari bahan yang bagus dan kuat. Hal ini tidak lepas dari fungsinya sebagai penunjang saat melakukan aktivitas olahraga, oleh karena itu produsen sepatu memproduksi sepatu olahraga dengan bahan berkualitas tinggi. Sepatu olahraga yang berkualitas sangat disayangkan jika tidak dirawat dengan baik karena mudah rusak. Cara merawat sepatu olahraga agar sepatu awet dan terlihat bagus :

Mencuci Menggunakan Tangan

Mencuci Sepatu Menggunakan Tangan

Source Photo : Freepik

Sepatu olahraga tentunya lebih mudah kotor karena digunakan untuk olahraga, apalagi jika olahraga yang Anda lakukan adalah olahraga outdoor. Jika sepatu atletik Anda kotor, cucilah dengan tangan dan jangan pernah mencucinya di mesin cuci. Mencuci sepatu olahraga di mesin cuci dapat mengubah struktur sepatu dan juga merusak bahan sepatu Anda. Oleh karena itu, sebaiknya cuci dengan tangan saja, menggunakan sikat kecil dan air sabun. Ini dapat membantu sepatu Anda tetap tegak dan bagus bahkan setelah beberapa kali dicuci.

Membersihkan Secara Berkala

Salah satu cara merawat sepatu olahraga agar awet yaitu dengan membersihkannya secara berkala. Membersihkan sepatu secara berkala membuat noda atau kotoran yang menempel di sepatu tidak melekat terlalu erat sehingga lebih mudah dibersihkan. Setelah berolahraga, kamu bisa membersihkan sepatumu menggunakan sikat gigi lama yang sudah tidak dipakai atau sikat kecil lainnya. Hal ini akan membantu menghilangkan debu atau kotoran yang menempel pada sepatu.

Membersihkan Sepatu dengan Cara yang Benar

Cara mudah merawat sepatu olahraga  yaitu dengan membersihkannya secara tepat dan benar. Bagaimana caranya? Yuk, simak tips berikut ini:

1. Bersihkan Sepatu Menggunakan Sikat Kering

Langkah pertama membersihkan sepatu olahraga yaitu membersihkannya menggunakan sikat kecil yang kering. Bersihkan setiap sudut sepatu menggunakan sikat tersebut hingga debu dan kotoran yang melekat hilang.

2. Bersihkan Sepatu Menggunakan Campuran Air Hangat dan Deterjen

Langkah kedua yaitu membersihkan sepatu olahraga menggunakan air hangat yang telah dicampur dengan deterjen. Air deterjen tersebut berfungsi untuk membantu membersihkan noda-noda yang melekat kuat pada sepatu.

3. Lepaskan Tali Sepatu dan Sol Bagian Dalam

Langkah berikutnya yaitu lepaskan tali sepatu dan sol sepatu bagian dalam. Bersihkan kedua bagian ini secara terpisah.

4. Bersihkan Sepatu Menggunakan Spon

Bersihkan sepatu olahragamu dengan spon yang sudah dicelupkan ke dalam air yang dicampur deterjen. Peras spon untuk mengurangi jumlah air yang terserap di dalam spon agar sepatumu tidak terlalu basah. Gosokkan spon tersebut pada permukaan sepatu atau pada noda yang membandel. Khusus untuk sepatu berbahan kulit, sebaiknya gunakan cairan khusus pembersih kulit agar tekstur kulitnya tidak rusak dan berjamur.

Langkah berikutnya, bersihkan sisa air deterjen yang menempel pada sepatu menggunakan spon bersih yang dicelupkan pada air untuk membilas. Lakukan ini hingga tidak ada deterjen yang menempel pada sepatu.

5. Keringkan Sepatu

Setelah sepatu bersih dari detejen, keringkan sepatu dengan cara diangin-anginkan. Jangan memasukkan sepatu ke dalam mesin pengering jika kamu tidak ingin sepatumu rusak atau berubah strukturnya. Cukup angin-anginkan sepatu di tempat yang bersih dan bersuhu kamar.

Tips Membuat Sepatu Olahraga Berbau Wangi

Aroma sepatu yang tidak sedap tentu sangat tidak menyenangkan, berikut beberapa tips agar sepatu olahragamu berbau wangi:

1. Selalu Gunakan Kaus Kaki Saat Bersepatu

Mengenakan sepatu tanpa kaus kaki dapat membuat keringat dan bakteri dari kaki menempel pada sepatu. Hal ini menyebabkan sepatu menjadi lembab dan timbul bau tidak sedap. Oleh karena itu, selalu gunakan kaus kaki saat kamu mengenakan sepatu olahragamu.

2. Taburkan Bedak Bayi ke Dalam Sepatu

Olahraga merupakan kegiatan yang membuat tubuh berkeringat, termasuk kaki. Jika kamu telah menggunakan kaus kaki tapi keringat pada kakimu tetap tembus ke sepatu, kamu bisa menyiasatinya dengan bedak bayi. Taburkan bedak bayi pada sepatumu yang lembab. Bedak ini akan membantu menyerap keringat yang tertinggal pada sepatu sekaligus membunuh bakteri karena bedak bayi mengandung anti bakteri dan memiliki aroma yang wangi.

3. Cuci Sol Sepatu Bagian Dalam

Jika aroma sepatu olahragamu sudah sangat mengganggu, sebaiknya cuci sol sepatu bagian dalam. Caranya, ambil sol sepatumu lalu bersihkan dengan spon yang telah dibasahi air deterjen. Gosok sol sepatu hingga bersih, lalu basuh dengan spon kedua yang telah dibasahi dengan air bersih. Selanjutnya keringkan sol sepatu di ruangan yang cukup angin dan bersuhu kamar.

Merawat sepatu olahraga perlu dilakukan secara hati-hati dan berkala agar struktur dan tekstur sepatu tidak berubah dengan cepat. Struktur sepatu olahraga yang berubah dari bentuk awalnya terkadang dapat mengurangi kekuatan sepatu dan membuatnya menjadi kurang nyaman saat digunakan berolahraga. Yuk, rawat sepatu olahragamu dengan baik.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Bagikan ke

Cara Mudah Merawat Sepatu Olahraga Anda Agar Tetap Awet

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Cara Mudah Merawat Sepatu Olahraga Anda Agar Tetap Awet

Share via

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: